“Mengenal Jarak,Dalam Ajang Perlombaan Lari”

“Mengenal Jarak,Dalam Ajang Perlombaan Lari”

Generasi.co.id,- Olahraga lari merupakan cabang olahraga yang sering digunakan sebagai cabang olahraga perlombaan internasional, dalam berbagai macam perlombaan dalam pertandingan atlet.

Dalam melakukan olahraga lari,tentunya ada berbagai macam-macam lari yang digunakan sebagai gerakan dasar.sebelum melakukan olahraga lari.beberapa gerakan lari terbagi menjadi 4 macam yaitu : jarak pendek,jarak menengah,jarah jauh,dan lari sambung.

Dalam melakukan perlombaan lari atlet akan diukur dalam jarak tempuh yang akan digunakan sebagai sarana perlombaan lari.dan akan dibedakan menjadi 3 macam lari yaitu.

Diantara beberapa macam-macam lari jarak pendek ada nomor jarak berapa meter.yang digunakan dalam perlombaan lari yang harus ditempuh, ada berbeda-beda nomor jarak lari, diantaranya.

Lari jarak pendek 100,200,400 meter,Lari jarak menengah 800,1500 meter,Lari jarak jauh 5000,10000 meter serta lari marathon 42.195 kmLari Sambung 4 x 100 meter ada juga 4 x 400 meter

Dalam perlombaan lari,ada tiga cara start,diantaranya :
1.Start berdiri (standing start)
2.Start jongkok (crouching start)
3.Start melayang (flying start) dilakukan hanya untuk pelari ke II,III dan IV dalam lari estapet 4 x 100 m.

Secara teknis dalam melakukan start jongkok yang digunakan sama, hanya saja yang membedakan terletak pada penggunaan tenaga saat start.karena harus menyesuaikan dengan jarak yang harus ditempuh.

Makin jauh jarak yang harus ditempuh,maka makin banyak tenaga yang harus digunakan dalam lomba lari.teknik lari jarak pendek terbagi menjadi empat diantaranya adalah start jongkok,gerakan lari,dan teknik ketika memasuki garis finish.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan