Ketua KPU Tebing Tinggi Abdul Khalik ” PPK Dan PPS Jangan Pernah Berfikir Melakukan Kecurangan “

Ketua KPU Tebing Tinggi Abdul Khalik ” PPK Dan PPS Jangan Pernah Berfikir Melakukan Kecurangan “

Tebing Tinggi,-Generasi.co.id
PKPU nomor 37 tahun 2018 mengatur tentang aturan pindah memilih dan pemilih khusus, KPU Tebingtinggi dan seluruh jajarannya Sabtu (26/01/19) melaksanakan Rakor bersama.

Ketua KPU Tebingtinggi Abdul Khalik dalam sambutannya menghimbau agar PPK dan PPS tidak pernah berfikir untuk melakukan kecurangan,dan dia mengatakan
” Kalau sekiranya demokrasi ini diibaratkan rumah, maka penyelenggara pemilu itu adalah penjaganya, ketika penjaganya berbuat curang, maka orang orang jahat akan mudah leluasa masuk kedalam rumah demokrasi, maka itu saya mengingatkan kepada PPK dan PPS seluruhnya agar benar benar menjaga integritas”.

Masing-masing PPK menyampaikan secara deskriptif terkait jumlah pemilih yang akan melakukan pindah memilh dan daftar pemilih khusus di wilayah kerjanya.
Didalam PKPU tersebut telah dijelaskan bahwa Dafar Pemilih tambahan (DPTb) adalah Daftar Pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT, namun karena situasi tertentu, pemilih tersebut tidak melakukan pemilihan di TPS asal, melainkan memilih di TPS lain, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang harus pindah memilih, diantaranya :
1. Karena pindah domisili,
2. Pindah pekerjaan,
3. Penyandang disabilitas yang sedang berada di panti
4. Pencandu narkoba yang sedang menjalani rehabilitas
5. Orang sakit yang dihari pemungutan berada di Rumah Sakit,
6. Orang sedang men jalani hukuman di rutan, LP,
7. Sedang menempuh pendidikan
8. Terkena bencana alam dan
9. Sebab adanya tugas atau pekerjaan lain

Sedangkan Daftar Pemilih Khusus adalah Pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, namun memiliki KTP elektronik bisa memilih.Terkait regulasi ini,KPU menekankan agar PPK dan PPS dapat mendata pemilih yang akan pindah memilih dan pemilih khusus serta mensosisasikanya pada lembaga-lembaga pendidikan seperti kampus, akbid dan akper, pondok pesantren, perkantoran, dan buruh pabrik. Dengan demikian KPU dapat menjaga hak pilih pemih.(mnl)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan